Fokus : Pemkab Sidoarjo Tingkatkan TKDN dan Go Digitalisasi dalam Pembangunan di Tahun 2024

Fokus : Pemkab Sidoarjo Tingkatkan TKDN dan Go Digitalisasi dalam Pembangunan di Tahun 2024
Fokus : Pemkab Sidoarjo Tingkatkan TKDN dan Go Digitalisasi dalam Pembangunan di Tahun 2024

 

Sidoarjo, majalahglobal.com – Pemkab Sidoarjo telah banyak menyelesaikan proyek-proyek besar selama tahun anggaran 2023 kemarin. Kendati begitu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengaku tetap ada evaluasi pada masa kepemimpinannya di tahun 2023 kemarin itu.

Salah satu yang mendapat evaluasi dari Gus Muhdlor, sebutan Ahmad Muhdlor, adalah masih adanya proyek yang tidak selesai tepat waktu dan juga proyek gagal lelang atau tender. Tentu hal semacam itu tidak boleh kembali terjadi di tahun 2024.

“Evaluasi 2023 sudah berjalan, dan yang menjadi atensi dari kami di tahun 2024 ini adalah meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam pelaksanaan di proyek-proyek strategis,” kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, selasa (2/1/2024).

Selanjutnya untuk percepatan dan transparansi lelang, Pemkab Sidoarjo akan lebih banyak menggunakan e-Katalog. Tujuannya agar semua orang dapat mengetahui dan bisa membandingkan dalam dokumen penawaran lelang.

Baca Juga :  Sinergitas, Polisi Bersama TNI dan BPBD Tangani Banjir di Sidoarjo

“Jadi proses-proses ini sudah dimulai yang diinisiasi oleh Inspektorat, asisten di Setda agar kemudian di tahun 2024 apa yang belum maksimal di tahun sebelumnya tidak terulang lagi,” ungkapnya.

Gus Muhdlor mengakui dalam melaksanakan pembangunan di Kota Delta memang tidak bisa seratus persen tuntas. Akan tetapi, bupati 32 tahun itu mencoba membandingkan dari awal ia menjabat, yaitu tahun 2021.

Pada tahun 2021, sisa lebih penghitungan anggaran (SiLPA) mencapai kurang lebih Rp 1 triliun dan proyek yang berhasil di lelang juga tidak terlalu maksimal.

Kemudian di tahun 2022, SiLPA APBD Kabupaten Sidoarjo turun menjadi Rp 494 miliar. Sementara di tahun 2023 serapan anggaran cukup tinggi, sehingga SiLPA secara otomatis akan menurun.

“Secara umum apa yang akan dilakukan yaitu memperbaiki pernik-pernik yang menjadi atensi utama pemerintah pusat, seperti penggunaan TKDN, produk asli Sidoarjo dan yang terakhir harus go digitalisasi semuanya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Babinsa Koramil 0815/15 Jatirejo Dampingi Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Polio Nasional Putaran 2

Perlu diketahui, beberapa proyek strategis Pemkab Sidoarjo yang sudah direalisasikan di tahun 2023 ialah, pembangunan frontage road dari Waru-Gedangan yang terus dikebut, mendukung terbangunnya tiga flyover Djuanda, Krian dan Tarik.

Kemudian puluhan ruas jalan selesai dibeton, Alun-alun dan trotoar GOR Sidoarjo dilakukan revitalisasi, lebih dan estetik dibandingkan sebelumnya dan membangun ruang terbuka hijau di beberapa kecamatan serta gedung sekolah tingkat pertama atau SMPN 2 Tulangan. (ldy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *