7 Tips Ampuh Cara Membasmi Kutu Kucing yang Menyerang Manusia

7 Tips Ampuh Cara Membasmi Kutu Kucing yang Menyerang Manusia
Kucing

Tahukah Anda bahwa ternyata kutu kucing juga bisa menyerang manusia? Bagaimana cara membasmi kutu kucing ini? Dalam kebanyakan kasus, sebenarnya kutu kucing ini tidak akan menyerang kulit manusia.

Tetapi, dalam kondisi tertentu, kulit manusia bisa sangat sensitif sehingga mengalami gatal-gatal akibat gigitan kutu yang berasal dari kucing. Jika sudah demikian, pastikan Anda selalu cuci permukaan kulit, melakukan kompres, dan mengoles lotion. Selain itu, ketahui pula bagaimana cara dan tips untuk mengatasinya.

7 Tips Ampuh Cara Membasmi Kutu Kucing yang Menyerang Manusia

Berikut ini, ada beberapa tips dan cara ampuh untuk membasmi kutu kucing yang menyerang manusia.

1. Rutin Memandikan Kucing

Cara membasmi kutu kucing paling efektif adalah dengan memandikannya secara rutin. Anda bisa menggunakan shampo kucing khusus untuk bisa membasmi kutu yang bersarang. Dalam hal ini, Anda juga bisa membasmi kutu pada kucing dengan menambahkan obat pencegah kutu. Setelah bersih, Anda bisa menitipkan kucing tersebut terlebih dulu hingga Anda selesai membersihkan rumah dari kutu.

2. Menyemprotkan Cuka Apel pada Kucing

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan cuka apel, yakni jenis cuka yang terbuat dari apel. Bahan tersebut ternyata sudah cukup umum digunakan untuk menghilangkan kutu yang bersarang pada bulu kucing. Caranya mudah, cukup dengan membuat larutan cuka apel dan air 1 :2, masukan larutan ke dalam botol, lalu semprotkan ke tubuh kucing.

3. Rutin Menyisir Bulu Kucing

Seperti kita tahu, menyisir bulu kucing membuatnya menjadi nyaman karena bulunya yang rontok akan menghilang dari tubuhnya. Namun selain itu, menyisir bulunya juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan kutu yang ada pada bulu kucing.

Baca Juga :  Filosofi Ketupat Lebaran di Indonesia Khususnya di Pulau Jawa

4. Vaksin untuk Kucing

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan vaksinasi pada kucing peliharaan. Vaksin ini biasanya sangat direkomendasikan untuk dilakukan pada kucing, bahkan sejak usianya masih kecil. Untuk melakukannya, Anda dapat menghubungi dokter hewan agar kucing segera mendapatkan perawatan vaksinasi.

5. Semprot Pekarangan dengan Insektisida

Perlu Anda tahu, bahwa kutu-kutu kucing tidak akan berkeliaran di ruangan rumah, jika Anda rajin membersihkan pekarangan. Salah satu cara paling efektif untuk membasmi kutu yang ada di pekarangan rumah ini, yaitu menyemprotkan insektisida. Pastikan Anda memperhatikan cara penggunaan, mengingat cairan ini berasal dari bahan kimia guna memastikan hewan peliharaan dan anggota keluarga tetap aman.

6. Bersihkan Rumah Menggunakan Penyedot Debu

Ketahuilah, bahwa seringkali ada beberapa benda di rumah yang tidak bisa dicuci, seperti sofa dan benda-benda berat lain. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan penyedot debu. Atur penggunaannya dengan daya sedot dan panas yang sesuai untuk membasmi kutu.

7. Bersihkan Semua Benda Kucing Peliharaan

7 Tips Ampuh Cara Membasmi Kutu Kucing yang Menyerang Manusia
7 Tips Ampuh Cara Membasmi Kutu Kucing yang Menyerang Manusia

Terakhir, kumpulkan semua benda-benda yang biasa bersentuhan dengan kucing peliharaan tanpa terkecuali, karena kutu bisa bersarang di manapun. Misalkan saja kandang, tempat makan dan minum, mainan, bantal, karpet, selimut, dll. Selain itu, jangan melupakan kebersihan lantai yang tentunya sangat sering bersentuhan dengan kucing dan berpotensi membuat kutu berjatuhan.
Melihat hal ini, maka Anda perlu menggunakan bahan karbol yang cukup efektif untuk membersihkan lantai rumah. Pastikan Anda memilih bahan karbol berkualitas yang ampuh seperti karbol murah Sparkle.

Baca Juga :  Filosofi Ketupat Lebaran di Indonesia Khususnya di Pulau Jawa

Karbol Sparkle adalah jenis pembersih lantai yang mengandung bahan aktif desinfektan yang efektif melawan virus dan kuman. Karbol sereh dari Sparkle juga memiliki formula baru yang lebih cepat kering serta mampu menjadikan lantai lebih kesat dan juga mengkilap.

Anda bisa menggunakan karbol sereh Sparkle untuk membersihkan lantai dari kutu kucing. Dengan kebersihan yang terjaga, lingkungan pun akan lebih sehat baik untuk pemilik rumah maupun kucing kesayangan.

Anda bisa mendapatkan karbol Sparkle di Blibli. Belanja di Blibli selain praktis juga bisa menghemat pengeluaran karena selalu ada penawaran menarik yang sayang dilewatkan. Jadi tunggu apalagi? Dapatkan karbol sereh Sparkle di Blibli sekarang juga! (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *