Diduga Koperasi Sehati Makmur Abadi Simpang Sungai Rengas Tidak Lengkap Izin.

Diduga Koperasi Sehati Makmur Abadi Simpang Sungai Rengas Tidak Lengkap Izin
Diduga Koperasi Sehati Makmur Abadi Simpang Sungai Rengas Tidak Lengkap Izin

Batanghari, majalah global. com –
Berdasarkan rangkuman data investigasi wartawan dilapangan banyak Koperasi simpan pinjaman yang berbadan hukum dari kemenkop, diduga tidak memiliki izin usaha simpan pinjam dari Otoritas jasa keuangan (OJK). berdasarkan undang-undang mikro (LKM) NO 1 tahun 2013. salah satunya Diduga Koperasi simpan pinjam (KSP) koperasi kas pembantu, Sehati Makmur Abadi simpang Sungai rengas, kecamatan maro sebo ulu kabupaten Batanghari provinsi jambi jum, at (8/9/2023).

Diduga Koperasi  Sehati Makmur Abadi Simpang Sungai Rengas Tidak Lengkap Izin
Diduga Koperasi Sehati Makmur Abadi Simpang Sungai Rengas Tidak Lengkap Izin

Koperasi simpan pinjam (KSP). Kas pembantu di sungai rengas berdiri pada tahun 2019 tersebut memberikan pinjaman kepada masyarakat tertentu. Padahal sesuai dengang undang NO 25 tahun 1992 tentang perkoperasian.serta peraturan pemerintah no 9 tahun 1995.menyatakan yang di utamakan penyaluran pinjaman harus kepada anggota koperasi.

Salah seorang yang pernah berkerja dikantor, koperasi kas pembantu sehati makmur Abadi di sungai rengas, mengatakan kepada media ini, koperasi kas pembantu,sungai rengas berdiri tahun 2019 diduga tanpa izin. Dalih dalih membantu perekonomian masyarakat, namu system yang dijalankan di lapangan tidak sesuai. Anggota telat bulan pembayarannya dipaksa barang jaminan untuk diserahkan.

“Iya, bang. System koperasi tidak jalan, Rapat tahuna tidak pernah (RAT). kartu Anggota tidak Ada, bungo pinjaman, tidak layak seperti koperasi.system kerja karyawan tidak mengenal waktu,dan banyak lagi yang lainnnya bang”tuturnya

Semetara pihak dinas koperasi, ibrar (Prindagkop)kabupaten Batanghari saat di konfirmasi lewat HP celulernya melalui pesan whatsapp menjelaskan. kalau permohonan rekomendasi membuka koperasi kas pembantu di sungai rengas sudah masuk di kantor.Akhir Juli 2023

*Iya,pak kami belum turun ke koperasinya, untuk peripikasi, rencananya mau dipanggil pengurus nyo. Kami baru tau setelah permohonan masuk, pak. Sekarang belum tau siapo penanggung jawabannya.” Katanya

Setelah informasi ini kami dapatkan, maka kami konfirmasi dengan Pak Andi sub Am (jambi) selaku pimpinan koperasi sehati makmur abadi, mengatakan dengan perkataan yang tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan Diduga menutup nutupi.senin (11/9/23 )

Koperasi kas pembantu sehati makmur abadi sungai rengas ini sudah berdiri sejak tahun 2019 di bulan Januari,dan baru dimasukan permohonan rekomendasi kedinas koperasi (pridagkop)akhir Juli 2023 selamah berjalan 4 tahun koperasi ini diduga ilegal.bahkan pihak dinas koperasi kabupaten Batanghari, Diduga seakan tutup mata.terhadap koperasi kas pembantu di sungai rengas ini.

Berdasarkan surat kementrian koperasi dan UKM. Republik Indonesia nomor B- 533/KUKM/Dep 1/X11/2021 tanggal 24 Desember 2021 tentang penertiban koperasi. disebabkan bahwa dinas yang membidangi koperasi dan UKM di provinsi dan kabupaten/ kota dimohon dapat melakukan penertiban dengan melakukan tindakan tegas kepada koperasi yang tidak memiliki izin usaha simpan pinjam agar menghentikan usahanya.
(Darmawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *