Dongkrak Ekonomi Mojokerto, Bupati Ikfina Adakan Lomba Burung Berkicau Tahun 2023

Dongkrak Ekonomi Mojokerto, Bupati Ikfina Adakan Lomba Burung Berkicau Tahun 2023
Kemeriahan Lomba Burung Murai Batu
Majalahglobal.com, Mojokerto – Dongkrak Ekonomi Mojokerto, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengadakan Lomba Burung Berkicau Tahun 2023, Minggu (28/5/2023) di Gantangan Satelit BC, Desa Pacing, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto.
Dongkrak Ekonomi Mojokerto, Bupati Ikfina Adakan Lomba Burung Berkicau Tahun 2023
Ardi Sepdianto saat memberikan sambutan
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto menerangkan, sudah 11 tahun lomba Burung Bupati Cup berhenti.
“Hari ini menjadi energi positif bagi para kicau mania. Lomba Burung Bupati Cup hari ini telah diadakan kembali dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-730,” jelas Ardi Sepdianto.
Lebih lanjut dikatakannya, lomba burung ini juga untuk mendongkrak ekonomi pengusaha yang menyediakan sarana dan prasarana perlombaan burung.
“Minimal Ibu Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bisa mengetahui jenis burung yang akan dilombakan hari ini. Harapannya, event yang diikuti 500 peserta ini tidak berhenti di tahun ini, namun bakal ada lagi di tahun 2024. Semoga di tahun 2024 nanti doorprizenya bakal lebih banyak lagi agar semakin menarik antusias kicau mania,” harap Ardi Sepdianto.
Dongkrak Ekonomi Mojokerto, Bupati Ikfina Adakan Lomba Burung Berkicau Tahun 2023
Bupati Ikfina saat memberikan sambutan
Menanggapi hal tersebut, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyatakan, ada 500 peserta kicau mania itu sangat luar biasa. Dirinya tadi sudah berkeliling dan berinteraksi dengan kicau mania.
“Ini suatu pengalaman yang luar biasa bagi saya. Ketika burung berkicau ini mengikuti lomba dan menjadi pemenang ternyata hal itu bisa meningkatkan nilai jual burung tersebut,” terang Bupati Ikfina.
Dongkrak Ekonomi Mojokerto, Bupati Ikfina Adakan Lomba Burung Berkicau Tahun 2023
Peserta Lomba Burung Murai Batu antusias mengikuti lomba
Masih kata Bupati Ikfina, kegiatan ini sangat positif dan potensial dalam menggerakkan perekonomian. Tadi dirinya melihat burung-burung itu tidak lepas dari makanan dan sangkar.
“Jadi otomatis, jika komunitas kicau mania berkembang maka akan membuka peluang usaha yang besar. Mulai dari peluang usaha makanan burung maupun peluang usaha kerajinan sangkar,” ungkap Bupati Ikfina.
Dongkrak Ekonomi Mojokerto, Bupati Ikfina Adakan Lomba Burung Berkicau Tahun 2023
Bupati Ikfina secara simbolis memberikan Piala Lomba Burung Berkicau Bupati Mojokerto Cup 2023 Kepada Panitia Penyelenggara
Lebih lanjut dikatakannya, tadi dirinya juga lihat ada kaos komunitasnya juga. Berarti ada peluang usaha juga untuk pengusaha konveksi.
“Warung-warung di acara lomba burung berkicau juga pasti laris manis karena banyak para kicau mania yang sangat antusias mengikuti lomba burung seperti ini,” tutur Bupati Ikfina.
Nanti di event berikutnya, lanjut Ikfina, lomba bisa ditempatkan di Lapangan Lomba Burung milik Pemkab Mojokerto yang lebih luas, hijau dan representatif.
“Lomba burung berkicau tahun depan kita siapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Kalau kelasnya lebih banyak dan pesertanya lebih banyak tidak apa-apa meskipun berhari-hari. Mayoritas yang antusias memang Bapak-bapak. Saya kira kalau Bapak-bapak hadir dengan anak istrinya kan pasti lebih seru lagi,” kata Bupati Ikfina.
“Kalau eventnya banyak yang melihat. Tentu itu akan memberikan penghargaan pada pemilik burung yang juara,” tambah Bupati Ikfina.
Menurut Bupati Ikfina, kalau dari sisi psikologis, lomba burung berkicau itu bukan hanya untuk menyalurkan hobi saja tapi juga untuk menghilangkan stres.
“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk para kicau mania. Pemkab Mojokerto bakal selalu memfasilitasi kegiatan yang positif seperti ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan lancar dan kicau mania sehat selalu. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka dengan ini lomba burung berkicau resmi dibuka,” pesan Bupati Ikfina.
Dongkrak Ekonomi Mojokerto, Bupati Ikfina Adakan Lomba Burung Berkicau Tahun 2023
Daftar Kelas Lomba Burung Berkicau Bupati Mojokerto Cup 2023
Sebagaimana diketahui, pendaftaran lomba burung berkicau ini dikenakan biaya Rp 550 ribu untuk Murai Batu kelas Bupati. Kemudian untuk Murai Batu kelas Wakil Bupati dikenakan biaya Rp 330 ribu.
Selanjutnya untuk Murai Batu kelas Sekda dikenakan biaya Rp 220 ribu. Kemudian Murai Batu Kelas Asisten dan Muria Batu Kelas Kwk dikenakan biaya yang sama yakni Rp 120 ribu.
Sementara untuk pendaftaran lomba burung Cucak Ijo kelas Asisten dan Cucak Ijo Kelas Kwk dikenakan biaya yang sama yakni Rp 120 ribu. Kemudian untuk Cucok Ijo kelas Kominfo dikenakan biaya Rp 75 ribu dan untuk Cucok Ijo A dan Cucak Ijo B kelas Satelit dikenakan biaya yang sama yakni Rp 55 ribu.
Selanjutnya untuk Kenari A, Kenari B dan Kenari C Kelas Satelit dikenakan biaya yang sama yakni Rp 55 ribu. Sementara untuk Kacer A dan Kacer B Kelas Satelit dikenakan biaya Rp 55 ribu.
Dan yang terakhir untuk Cendet A dan Cendet B kelas Satelit dikenakan biaya Rp 55 ribu. Kemudian untuk Murai Bursa Kelas Asisten dikenakan biaya Rp 120 ribu sedangkan Murai Bursa Kelas Kominfo dikenakan biaya Rp 75 ribu. (Jay/Adv)
Baca Juga :  Audiensi dengan Pemdes Kedunglengkong, Hadi Gerung Sarankan Pimpinan Mojokerto Belajar Tentang Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *