Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Harkitnas Ke-115

Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Harkitnas Ke-115
Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Harkitnas Ke-115

Tanjab Barat Jambi, majalah global.com – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 115, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menggelar upacara di halaman Kantor Bupati, Senin (22/05/2023).

Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Harkitnas Ke-115
Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Harkitnas Ke-115

Pada kegiatan yang bertema “Semangat Untuk Bangkit” Bupati Tanjabbar, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Harkitnas tahun 2023. Upacara tersebut turut di ikuti Wakil Bupati, Ketua DPRD, Jajaran Forkopimda, Pejabat Eselon II, III, ASN dan TKK Lingkup Pemkab Tanjabbar.

Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Harkitnas Ke-115
Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Harkitnas Ke-115

Dalam amanat upacara, Bupati Tanjabbar membacakan sambutan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika, Moh. Mahfud MD menyampaikan, sejak berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Harkitnas Ke-115
Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Harkitnas Ke-115

Disampaikannya pula, Boedi Oetomo berdiri guna mendorong Bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita- cita utama kebangkitan nasional.

“Yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, nemajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” tutur Bupati membacakan sambutan Menkominfo.

Baca Juga :  Rapat Pleno Hasil Suara Pemilu di Kecamatan Maro Sebo Ulu Dimulai

Dalam peringatan hari Kebangkitan Nasional tahun 2023, Plt Kemkominfo Mahfud MD mengatakan agar dapat memaknainya sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi.

“Selain itu juga dapat dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” lanjutnya.

Dalam sambutan tersebut, Plt Kemkominfo juga menyampaikan peningkatan perekonomian Indonesia yang tumbuh 5,31 persen (year-on-year/yoy) ditahun 2022, jauh meningkat dari tahun 2021 sebesar 3,70 persen (yoy).

“Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional, yakni G20. Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong Semangat Untuk Bangkit di tingkat dunia,” ujarnya.

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif, berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 yang lalu. Semangat untuk Bangkit dan mempercepat pemulihan global pascapandemi juga dikobarkan di tingkat regional. Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

Baca Juga :  Laporan Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan Jalan Ditempat,Pelapor Kecewa Kinerja Polres Batanghari

Dengan semangat tersebut, kiranya penting apabila seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.(Hmd*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *