Polri Mulai Studi Kelayakan Pembentukan Polda Papua Selatan

Polres Alor Lakukan Reka Ulang Kasus Pembunuhan
Polres Alor Lakukan Reka Ulang Kasus Pembunuhan

Merauke – Pasca diresmikannya tiga daerah otonomi baru (DOB), Polri mulai melakukan sejumlah langkah guna mendirikan Kepolisian Daerah (Polda), khususnya di Provinsi Papua Selatan (PPS).

Senin (20/2/2023), Tim Mabes Polri melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Merauke Papua Selatan dan bertemu Pj Gubernur, Apolo Safanpo membahas studi kelayakan pembentukan Polda Papua Selatan.

LO atau perwira penghubung di Papua Selatan Kombes Pol Bedjo mengatakan pertemuan tersebut itu untuk mengetahui kesiapan Pemprov Papua Selatan.

Pertemuan ini melibatkan tokoh agama, masyarakat, LMA dan tokoh perempuan.

“Pada studi kelayakan ini, semua elemen yang ada di Merauke harus setuju dan mendukung dengan adanya pembentukan Polda Papua Selatan,” kata Bedjo usai pertemuan.

Rencana pembangunannya sendiri, Polri masih menunggu konfirmasi Pemerintah Provinsi Papua Selatan. Apabila semua sudah disetujui maka renacana pembangunanya akan disiapkan.

PJ Gubenur Provinsi Papua Selatan Apolo Safanpo mengatakan bahwa letak ibukota Provinsi Papua Selatan telah ditetapkan dalam Undang- Undang 14 tahun 2022, bahwa ibukota PPS ada di Kabupaten Merauke. Letak persisnya nanti di wilayah Salor Distrik Kurik.

“Pemda Merauke telah menandatangani kesepakatan dengan Kementerian Dalam Negeri untuk menghibahkan tanah di KTP Salor untuk membangun sarana prasarana PPS,” ujar Apolo. (Ema)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *