Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Bendunganjati Koramil Pacet Dampingi Petani Tanam – Rawat Ubi Cilembu

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Bendunganjati Koramil Pacet Dampingi Petani Tanam - Rawat Ubi Cilembu
Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Bendunganjati Koramil Pacet Dampingi Petani Tanam - Rawat Ubi Cilembu

Mojokerto – Babinsa Bendunganjati Koramil 0815/16 Pacet Koptu Nanang Asmadi, melaksanakan kegiatan pendampingan ketahanan pangan berupa penanaman dan perawatan tanaman Ubi Jalar jenis Cilembu yang berlangsung di Dusun Merak, Desa Bendunganjati, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (17/01/2023).

 

Sudah banyak kita baca di media sosial maupun internet bahwa manfaat dari menanam Ubi Cilembu khususnya bagi kesehatan antara lain sebagai sumber energi, menghangatkan tubuh, mencegah penyakit kanker, dapat mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung.

 

Selain itu ubi cilembu juga diyakini dapat mencegah stres dan depresi, baik untuk menjaga kesehatan kulit, dapat menjaga daya tahan tubuh, baik untuk menjaga kesehatan mata dan ginjal, baik untuk penderita diabetes, memperlancar peredaran darah dan mencegah gejala anemia serta baik untuk kesehatan tulang maupun syaraf dan juga otot

 

Disisi lain Ubi Cilembu juga bernilai ekonomis tinggi karena terbilang sederhana dari mulai tahapan penanaman, perawatan hingga panen, serta hasil olahan cukup beraneka ragam dari olahan bentuk kripik, tape, dodol, keremes, selai, saus, tepung, aneka kue, mie dan sirup.

 

Babinsa Bendunganjati Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto Koptu Nanang Asmadi, saat dikonfirmasi, mengatakan, bahwa pihaknya saat melaksanakan pendampingan perawatan tanaman ubi cilembu dilahan milik Kasun Merak, Desa Bendunganjati, Suwarno seluas 11.000 meter2 atau 1,1 hektar.

Baca Juga :  Diduga Oknum Anggota TNI Bernama JK Berselingkuh Dengan Wanita Bernama Sil

 

Masih kata Babinsa, dari luas lahan keseluruhan 1,1 hektar semuanya ditanami ketela rambat jenis ubi cilembu ini, namun beda usia tanam atau hari setelah tanam (hst). Untuk tanaman ubi yang sudah berumur 42 hari (hst) berada dihamparan seluas 7.000 meter2 sedangkan lahan seluas 4.000 meter2 baru tanam hari ini”, katanya.

 

Masih lanjutnya, hari ini kita baru selesai tanam di lahan seluas 4.000 meter2, kegiatan tanam ini dilakukan pemilik lahan bersama para petani dusun setempat dengan pendampingan Babinsa Koramil Pacet. Tak hanya tanam bibit, hari ini juga kita lakukan perawatan tanaman berupa pembersihan rumput liar dan penyemprotan untuk menghindari hama penyakit tanaman.

 

Menurutnya, kegiatan pendampingan ini akan terus dilakukan kepada para petani hingga saat panen nanti dan pengolahan lahan untuk masa tanam berikutnya. ”Dan inipun merupakan tugas kami selaku Babinsa sebagai sarana Komsos (Komunikasi Sosial) di mana kita harus melekat dan berada di tengah-tengah masyarakat”, ungkapnya.

 

Pantauan di lapangan, kehadiran Babinsa yang terjun langsung disawah ini dapat memberikan dukungan moril tersendiri bagi para petani dan justru para petani merasa senang dengan adanya perhatian dari Babinsa. Tampak keakraban Babinsa bersama para petani saat melakukan penanaman dan perawatan tanaman ubi cilembu.

Baca Juga :  Gedung Perpustakaan Umum Yang Baru di Bangun Sudah Ada Kretakan

 

Sementara itu, Danramil 0815/16 Pacet Kapten Caj M. Lutfi Anam saat dihubungi, menjelaskan, pihak Koramil memang mengerahkan para Babinsa melakukan pendampingan terhadap petani di wilayah masing-masing mulai proses penyiapan dan pengolahan lahan, penanaman, perawatan hingga panen, salah satunya dilokasi tanam ketela rambat jenis Cilembu Desa Bendunganjati, Pacet.

 

Masih kata Danramil, upaya yang dilakukan Babinsa ini dalam rangka mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan yang dikembangkan Pemerintah. Namun demikian, dalam pelaksanaan di lapangan tentunya harus dikoordinasikan dengan UPT Distan, Pemerintah Desa, pihak terkait lainnya maupun petani itu sendiri, termasuk dalam pemanfaatan lahan kosong atau lahan tidur supaya berhasilguna dan bermanfaat bagi petani itu sendiri maupun masyarakat sekitar. ”Ini bentuk dukungan kita terhadap program ketahanan pangan yang dikembangkan Pemerintah”, tutupnya.(Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *