Gus Muhdlor Realisasikan Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni,Tahun Ini Tetapkan 340 Sasaran

 

SIDOARJO,majalahglobal.com – Program bedah rumah menjadi salah satu komitmen Pemkab Sidoarjo mensejahterahkan masyarakatnya,tahun ini ada sebanyak 340 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang mendapatkan bantuan perbaikan. Seperti yang dilakukan kepada warga Desa Jatikalang Kecamatan Prambon,diantara yang dapat ada 6 warga di 3 (tiga) RW, Penerima bantuan Bedah rumah,
-Kasiati RT 01 /RW 01,
-Misto RT 04 /RW 01,
-Soli RT 04 /RW 01,
-Sharudi RT 02/RW 02,

-Jumiati RT,03/RW. 03,

-Satuin RT. 04/RW. 03.

“Terdapat enam RTLH yang mendapatkan bantuan program bedah rumah tersebut. Siang tadi, bantuan program bedah rumah tersebut diserahkan Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP di Balai Desa Jatikalang Prambon,Kamis, (22/9/2022).

Bupati H. Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor juga meninjau langsung pembangunannya.

Gus Muhdlor mengatakan Pemkab Sidoarjo tetap berkomitmen untuk mensejahterahkan masyarakatnya. Salah satunya lewat program bedah rumah. Diupayakan setiap tahun program tersebut ada, karena merupakan salah satu program prioritasnya. Bahkan sasaran penerima manfaatnya akan ditingkatkan jumlahnya.

“Setiap tahun akan kami usahakan,”ucapnya usai meninjau rumah salah satu penerima manfaat program bedah rumah.

Baca Juga :  Apel Siaga Pemilu 2024, Wabup Subandi Minta Petugas Jaga Kesehatan

Gus Muhdlor meminta peran serta Pemerintah Desa/Pemdes dalam mensukseskan program bedah rumah tersebut. Pemdes dapat menyampaikan usulan penerima manfaat dari program itu. Dengan begitu Pemkab Sidoarjo dapat membantu kesulitan warga melalui program bedah rumah seperti ini.

 

“Kami minta proaktif dari teman-teman yang lain kalau ada usulan, kebetulan bapak kepala desa ini (Kades Jatikalang) menurut kami sangat proaktif memberikan informasi masyarakat yang berhak menerima program bedah rumah ini,”sampainya.

Gus Muhdlor mengatakan tahun ini ada 340 unit RTLH yang akan dibedah. 50 unit rumah dari APBD, 15 unit melalui program TMMD dan 275 melalui APBN. Program tersebut juga akan menggandeng lembaga lain. Tujuannya agar semakin banyak masyarakat Sidoarjo menerima manfaat dari program tersebut. Salah satunya yang saat ini digandeng Baznas Sidoarjo.

“Kita akan membuka ruang-ruang yang lain, termasuk dari Baznas yang ternyata banyak program dari Baznas pusat maupun provinsi yang menunggu proaktif dari kabupaten, salah satunya program bedah rumah milil Baznas Sidoarjo kali ini,”ucapnya.

Baca Juga :  Diskominfo Sidoarjo Dorong Percepatan Penggunaan Layanan Call Center 112

 

Satuin (45) warga Dusun Suwaluh, Desa Jatikalang merasa bersyukur rumahnya mendapat bantuan rehab dari Pemkab Sidoarjo. Rumah berdinding bambu (sesek) berukuran 3×6 itu ditinjau langsung oleh Bupati Sidoarjo. Kondisinya sangat memprihatinkan, bila musim hujan , atapnya bocor. Tiangnya penyangga juga sudah miring.

Selama ini, rumah itu hanya ditinggali Satuin sendiri. Karena istri anaknya yang masih usia 3,5 tahun memilih tinggal bersama orangtuanya. Perhatian dari Pemkab membuat pria pekerja kuli bangunan kadang kerja serabutan itu berkali-kali mengungkapkan rasa terimakasih pada Bupati Sidoarjo dan jajarannya.

“Terimakasih Pak Bupati, bantuan rehab rumah sungguh sangat membantu kami sekeluarga,” ucap Satuin. (sgi/mg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *