Kodim 0815/Mojokerto Terjunkan Personel Koramil Jajaran Amankan Malam 1 Suro

Kodim 0815/Mojokerto Terjunkan Personel Koramil Jajaran Amankan Malam 1 Suro
Kodim 0815/Mojokerto Terjunkan Personel Koramil Jajaran Amankan Malam 1 Suro

Mojokerto – Sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat diwilayah Mojokerto Raya menjalankan ritual tertentu dalam menghadapi pergantian tahun baru dalam Kalender Jawa yang dikenal dengan Suroan.

 

Malam 1 Suro tahun ini jatuh pada hari Jum’at 29 Juli 2022 sedangkan pergantian tahun jatuh pada Sabtu 30 Juli 2022, bertepatan dengan pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah.

 

Malam pergantian Tahun Baru Jawa atau Malam 1 Suro menjadi sakral dan membudaya bagi sebagian masyarakat Jawa, tidak terkecuali Warga PSHT yang diisi dengan menjalani ritual tertentu atau yang dikenal dengan malam tirakatan.

 

Untuk mengantisipasi perkembangan situasi sekaligus menciptakan situasi kondusif di wilayah Mojokerto Raya, maka pada Jum’at (29/07/2022) malam, Kodim 0815/Mojokerto beserta Koramil jajaran melaksanakan pengamanan kegiatan malam tirakatan 1 Suro.

 

Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0815/Mojokerto, Lettu Inf Akhmad Rifa’i, saat dikonfirmasi, mengatakan, untuk mengantisipasi situasi pada acara tahunan malam tirakatan oleh warga PSHT, pihaknya menerjunkan personel jajaran Koramil untuk melaksanakan pengamanan diwilayah masing-masing. Karena acara rutin tahunan ini sudah dua tahun tidak digelar selama pandemi Covid-19, maka diprediksikan pada tahun ini masyarakat sangat antusias menggelar ritual malam 1 Suro yang bertepatan dengan Pergantian Tahun Baru Islam.

Baca Juga :  Demi Kelancaran Pemilu, Ratusan Personil Polres Mojokerto Kota Diberangkatkan ke TPS

 

Masih lanjutnya, pihak Kodim 0815/Mojokerto juga sudah berkoordinasi dengan Polres, Polresta dan Pemda, baik Pemkab maupun Pemkot untuk bersama-sama melaksanakan pengamanan guna menciptakan kondusifitas diwilayah Mojokerto Raya.

 

Terpantau di wilayah Mojokerto Raya, terdapat 24 titik kegiatan tirakatan menjelang malam 1 Suro, salah satunya di wilayah Dawarblandong, kegiatan ini tersebar di 16 titik rayon yang diikuti kurang lebih 1.000 orang warga PSHT. Dilokasi ini, pengamanan dipimpin langsung oleh Danramil 0815/08 Dawarblandong, Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., bersama Kapolsek setempat.

 

Saat dikonfirmasi Kapten Inf Benny Irawan, mengatakan, bahwa pengamanan malam tirakatan yang sedang digelar oleh anggota PSHT bertujuan untuk mencegah hal–hal yang dapat menimbulkan terganggunya kondusitas wilayah. “Alhamdulillah saat malam tirakatan situasi aman dan kondusif”, katanya. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *