Tumbuhkan Cinta Al Quran, Pemkot Mojokerto Gelar Lomba Musabaqah Tilawatil Quran

Tumbuhkan Cinta Al Quran, Pemkot Mojokerto Gelar Lomba Musabaqah Tilawatil Quran
Rapat Persiapan Lomba MTQ

Majalahglobal.com, Mojokerto – Memperingati hari jadi ke-104 tahun, Kota Mojokerto bakal menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Beragam cabang lomba dalam festival Qur’ani tersebut rencananya akan diselenggarakan secara serentak pada 14 Juni 2022. Para peserta terdiri dari pelajar se-Kota Mojokerto, baik pada tingkat formal SD/MI – SMA/MA ataupun pondok pesantren.

 

Terdapat lima cabang lomba dengan lokasi penyelenggaraan berbeda. Antara lain yaitu lomba tilawah anak-anak di Masjid Baitun Nur Jl. Benteng Pancasila, lomba tilawah remaja di Masjid Al Ghufron Miji, lomba tartil di kantor Kemenag Kota Mojokerto, serta pidato remaja (MSQ) dan MHQ 1 juz tilawah di lingkungan kantor Pemkot Mojokerto.

 

“Kami mengadakan lomba MTQ ini untuk semakin menumbuhkan kecintaan masyarakat Mojokerto kepada Al Qur’an. Dengan bacaan yang indah, semoga bisa menarik siapa saja untuk mempelajari Al Qur’an,” ujar Iwandoko Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Jumat (10/6/2022).

Baca Juga :  Resmikan Jembatan Penghubung Antar Desa Dari Hasil PBB P2, Bupati Ikfina Ajak Masyarakat Tertib Bayar Pajak

 

Apabila melihat sejarah di zaman Rasulullah Muhammad SAW dulu, membaca Al Qur’an menjadi salah satu media dakwah sosok Nabi terakhir umat Islam tersebut. Nabi Muhammad SAW membaca kalam Allah tersebut dengan begitu indah, sehingga menjadi salah satu sebab awal para sahabat tertarik dengan Islam.

 

Selain itu, pelaksanaan ini juga sebagai ajang untuk mencari bibit unggul Kota Mojokerto. Sebagai informasi, festival MTQ juga dilombakan pada tingkat provinsi dan nasional. Setiap daerah diberikan kesempatan untuk menunjuk putra/putri daerah terbaiknya untuk berkompetisi dalam ajang tersebut.

 

“Ini juga sebagai salah satu penyaringan awal untuk persiapan MTQ Provinsi yang tahun depan akan digelar di Pasuruan,” ungkap Iwandoko saat diwawancarai langsung di kantornya.

Baca Juga :  Grand Launching Area Sentra Pembibitan Bambu Dan Edukasi Bambu, Bupati Ikfina Harap Dapat Tingkatkan Ekonomi Dan Pusat Edukasi

 

Dalam penyelenggaraan MTQ kali ini, Bagian Kesra bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kementerian Agama Kota Mojokerto. Hingga kemarin jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 225 pelajar. Berdasarkan jadwal, batas pendaftaran akan berakhir pada 12 Juni 2022. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *