Galian C di Mojokerto ini Ditutup Paksa, Begini Gambarannya

Galian C di Mojokerto ini Ditutup Paksa, Begini Gambarannya
Galian C di Mojokerto ini Ditutup Paksa, Begini Gambarannya

Mojokerto – Penambangan galian C yang dilakukan oleh CV. Wiratama Mandiri dengan titik lokasi di Dusun Sukorejo Desa Srigading Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto bakal terkendala Akses Jalannya.

 

Pasalnya, Akses jalan yang selama ini dilalui dump truk pengangkut tanah urug menuju lokasi ditutup paksa dengan pagar oleh Agung Dedi Purnomo warga pemilik sah lahan tersebut. Tampak aktifitas Penutupan akses jalan ke lokasi galian C dari pagar berupa ranting kayu dipaku dan diikat kawat, di lakukan Agung Dedi Purnomo pemilik sah lahan dibantu kerabat dan warga sekitar, Senin (28/2/2022) pagi.

 

“Lahan seluas kurang lebih 5000 M2 yang berada di Dusun Sukorejo Desa Srigading , ini merupakan tanah pribadi saya, pihak penambang ( Galian C) tidak ada niat baik, tidak permisi kepada kami selaku pemilik lahan, jadinya terpaksa kami menutup dengan pagar,“ ujar Agung Dedi Purnomo.

 

Masih menurut Agung Dedi Purnomo, bahwa tanah tersebut, bakal dimanfaatkan kembali, dengan ditanami pepohonan sama seperti ketika belum digali agar lebih manfaat tanah kami yang dijadikan akses jalan penambangan ini, bakal saya tanami Pohon sengon dan singkong.

Baca Juga :  Hadiri Halal Bihalal Bersama Guru Dan Tendik Se-Kecamatan Gedeg, Bupati Berpesan Agar Tingkatkan Kapasitas Diri

 

“Memang lahan kami dulu beberapa bulan lalu, awalnya perjanjian dengan pengelola penambangan galian C, per Ritase (rit) itu kami di beri Rp 65.000. Namun, tanah kami kondisinya sudah tidak digali tetapi dijadikan jalan akses masuk galian C. Pihak pengelola tidak ada permisi, lahan kami ber bulan – bulan di jadikan akses jalan keluar masuk dump truk ke lokasi Penambangan. Ada akses jalan lain, menuju lokasi penambangan galian C, tetapi tetap pilih lahannya untuk jalur keluar masuk lokasi galian C. Jalan menuju lokasi galian itu banyak, tidak harus lewat lahan milik kami. Dan perlu diketahui bahwa tanah kami tidak saya sewakan dan tidak saya jual ,” cetus Agung Dedi,” ujarnya.

Baca Juga :  HUT RS Kartini Ke 25 Tahun, Bupati Mojokerto Berangkatkan Jalan Santai - Senam Bersama Warga

 

Sementara itu, pihak pengelola dari penambangan galian C dari CV. Wiratama Mandiri dengan titik lokasi di Dusun Sukorejo Desa Srigading Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto belum bisa dikonfirmasi karena tidak ada aktifitas hanya tampak alat berat (bego) tapi tidak ada operatornya. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *