Khofifah Serahkan SK Kehutanan Sosial di Wana Wisata Air Panas Mojokerto

Khofifah Serahkan SK Kehutanan Sosial di Wana Wisata Air Panas Mojokerto
Khofifah Serahkan SK Kehutanan Sosial di Wana Wisata Air Panas Mojokerto

Mojokerto – Gubernur Jatim menyerahkan Surat Keputusan Perhutanan Sosial (SKPS) kepada kelompok masyarakat di Kabupaten Mojokerto. Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyerakan SK Kehutanan Sosial di Wana Wisata Air Panas, Padusan Kecamatan Pacet ,Kabupaten Mojokerto,Senin(21/02/2022).

 

Penyerahan SKPS oleh Gubernur Khofifah kepada perwakilan kelompok masyarakat di Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pesona Alam Wana Wisata Desa Padusan, Kecamatan Pacet.

 

“Masing-masing yang sudah menerima SKPS mohon bisa segera untuk diberdayakan, apa yang dimungkinkan, apa sektor wisatanya, apa perkebunannya, apa pertaniannya,” pesan Khofifah.

 

Gubernur Khofifah menyampaikan, capaian perhutanan sosial Jawa Timur tercatat yang tertinggi se Jawa, sehingga mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

 

“Alhamdulillah capaian perhutanan sosial di Jawa Timur ini tertinggi maka, di bulan Desember lalu Pemprov Jawa Timur mendapatkan apresiasi dari Kementerian klhk sekarang ini yang sudah ber SK Perhutanan sosial 68% di antara provinsi se-Jawa, jadi 68% nya itu ada di Jawa Timur,” ungkapnya.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Bupati Cup 2024 Awali Rangkaian HUT Ke-731 Kabupaten Mojokerto

 

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menegaskan, ada persyaratan bagi penerima SK perhutanan sosial 50% harus dalam bentuk perkayuan, 50% boleh tanam jagung, boleh sayur, boleh kopi, dan seterusnya.

 

Mantan Menteri Sosial RI ini memaparkan, kenapa dalam kunjungan kali ini selain menyerahkan SK perhutanan sosial, dari Pemprov mengajak banyak kepala dinas, dinas perkebunan,Dinas Pertanian,Dinas Budpar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ,kemudian karo perekonomian, lalu Dinas lingkungan Hidup.Nah tentu komandannya Dinas Kehutanan.

 

“Ini supaya nyekrup, kalau ada Budpar kalau lihat air hangat, terus pikiranya bagaimana ini menjadi aset wisata,” paparnya.

 

Khofifah menjelaskan, di Indonesia ini ada dua area yang masuk kategori Integrated area Development, satu ada di Lumajang Senduro satu ada di Babel. Ini akan bisa menjadi percontohan, bagaimana integrated area development ini kalau menurut Khofifah hal tersebut sedang memungkinkan untuk bisa diinisiasi menjadi bagian dari integrated area development.

Baca Juga :  262 Relawan Kabupaten Mojokerto Dapat Penghargaan Atas Kesigapan Tangani Kebencanaan

 

“Kalau kita mau katakanlah study banding,enggak usah jauh-jauh lihat saja di Senduro Lumajang yang sudah mendapatkan SK sebagai integrated area development,” jelasnya.

 

Sehinga menurut Gubernur Khofifah hal tersebut bisa menjadi nilai tambah dari pengintegrasian seluruh Potensi alam dan SDM nya itu nyekrup. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *