HOME // Berita Banyuasin // Uncategorized

82 Rumah Roboh Akibat Angin Puting Beliung di Banyuasin

   Pada: November 14, 2019

Banyuasin – majalahglobal.com : Bencana angin puting beliung  melanda pemukiman warga di Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan.Sedikitnya 82 rumah warga roboh.Rabu (13/11/2019).

,

Peristiwanya terjadi saat sebagian dari warga berada di dalam rumah masing-masing. Angin datang dengan kencang dan langsung memporakporandakan rumah warga yang berada di beberapa desa di kecamatan Muara,Menurut Data yang di dapat dari Kasi Kesos kecamatan Muara Telang, terdapat 3 desa yang terkena langsung terkena peristiwa angin puting beliung

Desa Upang Karya  terdapat 10 Rumah rusak total,16 rumah rusak ringan,37 Rumah rusak Berat.Sehingga total ada 63 rumah.Desa Mekar sari 5 rumah rusak berat,9 rumah rusak ringan sehingga total rumah yang terkena dampak terjangan angin 14 rumah,Desa Mukti Jaya 2 rumah rusak ringan,3 rumah rusak berat total 5 rumah.Total dari 3 desa 82 rumah,data tersebut masih dapat bertambah karena ada kondisi serta cuaca yang tidak memungkinkan.Beruntung tidak ada korban jiwa dalam  musibah ini.

“Saat angin kencang datang tepatnya jam 02.15,kami semua ada di dalam rumah.Tiba-tiba terdengar suara gemuruh,lalu secara tiba-tiba menerjang bangunan rumah kami.untungnya kami bisa menyelamatkan diri,tapi harta benda kami habis karena rusak,”ujar.Salah seorang warga yang menjadi korban.

Warga yang rumahnya roboh, hingga Rabu petang memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman,seperti ke rumah tetangga serta kerabat terdekat.

Saat di konfirmasi melalui sambungan telepon seluler Kasi Kesos kecamatan muara Telang,”Sujito.Sip.Msi.menuturkan“Rumah warga yang mengalami rusak berat dalam musibah angin puting beliung di Desa upang karya itu rata-rata berdinding kayu serta beratap seng.Seng terbang dan jatuh ke tanah bersamaan dengan kayu,sehingga korban juga sempat mengungsi pada saat berlangsung angin puting beliung.Dia meminta warga berhati-hati jika terjadi hujan deras yang disertai guntur dan angin kencang karena kejadian serupa sering terjadi di kecamatan muara Telang.

Ditambah pula olehnya pihaknya telah menghubungi Dinas sosial Banyuasin,Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB),Basarnas serta Tagana kabupaten serta Provinsi Sumsel untuk segera memberikan bantuan kemanusiaan,baik sembako maupun keperluan kesehatan lainnya,”ujarnya.(Tri Sutrisno)





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.