Danramil 0815/15 Jatirejo Ikuti Sosialiasi Pelestarian Situs Kumitir

Mojokerto, – Danramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815 Mojokerto, Kapten Inf Supriyanto mengikuti sosialisasi pelestarian Situs Kumitir, bertempat di sebuah Linggan (tempat pembuatan bata merah) dekat lokasi Situs Kumitir, Desa Kumitir Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (31/10/2019).

Kegiatan sosialisasi dipimpin Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim Andi Muhammad Said dan dihadiri antara lain Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho, Dispora Kabupaten Mojokerto, Camat Jatirejo, Kapolsek Jatirejo, Kepala Desa, Babinsa dan masyarakat pengrajin bata merah

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim Andi Muhammad Said, diantaranya mengungkapkan, sosialisasi ini dimaksudkan agar semua pihak mengetahui keberadaan Situs Kumitir yang merupakan situs cagar budaya peninggalan Kerajaan Majapahit yang harus dijaga, diselamatkan dan harus dilestarikan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPCB Jatim, Andi Muhammad Said berpesan, bila warga menemukan benda cagar budaya segera melapor ke dinas terkait, yaitu BPCB Trowulan, Koramil, Polsek, dan instansi terkait.

Baca Juga :  Pererat Silaturahmi, Kodim 0815 Bareng Forkopimda Kota Mojokerto Gelar Shalat Tarawih

Sementara itu Forpimka Jatirejo melalui Camat Aminsun, berharap setelah sosialisasi ini warga Desa Kumitir paham dan mengerti bahwa di Desa Kumitir ini telah ditemukan Situs Cagar Budaya Peninggalan Majapahit, untuk itu mari kita jaga dan kita bantu Tim dari BPCB dalam melaksanakan ekskavasi.

Sekedar informasi, Situs Kumitir yang ditemukan pada pertengahan Agustus 2019 ini. Ekskavasi tahap awal berlangsung selama sepuluh hari, mulai tanggal 21 hingga 31 Oktober ini. Dalam eksvasi ini ditemukan bangunan semacam talud yang mengelilingi bangunan inti berupa candi tempat pendharmaan pada masa Kerajaan Majapahit.

Masih di lokasi kegiatan, Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf Supriyanto, mengungkapkan pihaknya bersama Forpimka, siap membantu dalam upaya penyelamatan dan pelestarian Situs Kumitir yang ada di wilayah Jatirejo. Danramil juga sudah menugaskan Babinsa untuk memonitoring dan membantu kelancaran proses ekskavasi Situs Kumitir.
 
Usai sosialisasi, selanjutnya Kepala BPCB Jatim, Andi Muhammad Said bersama Arkeolog BPCB Jatim, Camat Jatirejo, Kapolsek, Danramil meninjau kegiatan ekskavasi yang tengah berlangsung di lokasi Situs Kumitir. (Jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *