Bangun Desa dengan kreatif, PJS Kades Sumber Mulya Berhasil Bangun Infrastruktur & SDM

Banyuasin – majalahglobal.com : Semangat membangun di Kabupaten Banyuasin,Dari Desa Seyogyanya adalah gerakan membangun desa.Dalam Rangka mengurangi ketergantungan dengan Pemerintah Daerah dan Pusat.

Semangat tersebut di contohkan Oleh Sujito S.ip.M.Si.yang merupakan suami dari Watini dan Ayah dari dua orang Putri dan Putra Sukma Pratama dan Ilham Raharja.Sebagai Pejabat Sementara (PJS),Kades Desa Sumber mulya Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin.Dalam membangun Desa Patut mendapat Apresiasi dan Inspirasi dari Desa lain.

Pada tanggal 28 Februari 2018, Sujito yang Sehari harinya merupakan Aparatur sipil Negara (ASN),Dan Bertugas Sebagai Kepala Seksi Kesejahtraan Sosial di Kantor Camat Muara Telang.Mendapat Amanah dan Tanggung jawab Sebagai Kepala Desa Sumber mulya.Saat Masa Jabatan Kades Lama Berakhir dirinya di tunjuk Sebagai Pejabat Sementara (PJS).Sejak di percaya memimpin desa,Terlebih dahulu menata warganya tentang pentingnya Sikap Gotong royong dan Bekerjasama dalam membangun desa.

Setelah itu bersama aparat Desa Serta kaur pemerintahan.Merealisasikan RPJM Des,yang telah di susun.Guna pelaksanaan Dana Desa(DD),Serta mengajak Peran Serta Tokoh Agama,Pemuda serta Karang Taruna untuk dapat Bekerja Sama Demi kepentingan membangun Desa.

Masyarakat Desa Sumber Mulya Yang Rata_rata Bermata Pencaharian Sebagai Petani dan Pekebun.Mengeluhkan kondisi Infrastruktur jembatan yang Kondisinya Belum ada,Sehingga sangat menyulitkan Petani melewati ladang.Terutama dengan kendaraan bermotor roda dua dan empat,Untuk membawa hasil panen padi dan Tanaman perkebunan kelapa untuk di distribusikan ke penjual.Atas dasar Musyawarah tersebut di awal Jabatannya,Di Tahun 2018 Melalui Program Dana Desa(DD).Berhasil membangun 2 unit jembatan Penghubung yang terletak di Dusun 2 dan Dusun 4,Serta Pembangunan I Lokal gedung PAUD.

Secara Bertahap Pembangunan di lanjutkan Melalui Sumber dana APBD Kabupaten Banyuasin.Berupa Pembangunan Badan Jalan Dusun 2,Penimbunan Jalan Dusun 4,Pembersihan Areal Makam dan Lapangan Sepakbola serta Pengerasan Halaman Kantor Desa.

Pada Saat di temui”Sujito S.ip.M.si.(01/09/2019)menuturkan Upaya yang di lakukannya Membangun Kebersamaan dengan Masyarakat Membangun 3 Jembatan Penghubung di Dusun 1,2 dan 5.dan Pembangunan Badan Jalan yang terletak di dusun 1 dan 5.Serta Target Rencana Pengerasan Jalan menggunakan Koral di Dusun 3 Sepanjang 2000 meter.

Di tambahkan pula olehnya,Bahwa Pembangunan infrastruktur jalan dan Jembatan di wilayahnya memiliki kendala tersendiri,di karenakan biaya transportasi Serta Proses Pendistribusian material menuju lokasi membutuhkan biaya yang cukup mahal,Di bandingkan dengan Desa yang letaknya di dekat perkotaan,karena kondisi Desa sendiri terletak di wilayah Perairan Kabupaten Banyuasin.Namun demikian dirinya mengajak warga agar tidak patah Semangat atas tingginya Biaya angkut material,Dengan bekerjasama dan bergotong royong biaya material yang tinggi dapat tertutupi oleh upah.

Selain Membangun infrastruktur melalui Dana Desa(DD).Pemanfaatan lainnya adalah pemberdayaan masyarakat seperti pengaktifan TP PKK Desa,Karang Taruna dan Hasilnya Prestasi yang membanggakan Di raih Oleh Desa Sumber Mulya,yakni Meraih Juara Pertama dalam Lomba 10 Program Pokok PKK Se kabupaten Banyuasin, Sehingga dapat Mewakili Kabupaten Banyuasin melaju ke tingkat Provinsi Sumsel,Serta meraih Juara Pertama dalam Lomba Hatinya PKK tingkat Kabupaten Banyuasin.

Sehingga di harapkan hasil dari
Pembangunan serta Prestasi yang diraih Pemerintah Desa Sumber Mulya,Dapat di rasakan Manfaatnya oleh masyarakat guna meningkatkan perekonomian dan Kesejahteraan”ungkap nya. (Tri Sutrisno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *