Pramuka SMAN 6 Mataram Sukses Gelar Perkemahan Pelantikan Bantara dan Laksana

Mataram – majalahglobal.com : Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Gugus Depan 04.093 – 04.094 Pangkalan SMA Negeri 6 Mataram kembali menunjukan eksistensinya dalam pembinaan dan kegiatan kepramukaan, salah satunya dengan menggelar Perkemahan Pelantikan Bantara dan Laksana, Jum’at – Minggu (26-28/04/2019) di Taman Wisata Alam Suranadi, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.
Kegiatan ini sendiri merupakan prosesi pelantikan seorang pramuka yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum  (SKU) pramuka penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) penegak bantara dan laksana. Pada tahun ini Perkemahan Pelantikan Bantara dan Laksana  diikuti calon bantara 19 orang dan calon laksana 4 orang.
Sebelum kemah pelantikan digelar, terlebih dahulu diadakan upacara pembukaan yang dilaksanakan di halaman SMA Negeri 6 Mataram, hadir dalam upacara pembukaan tersebut Wakasek Humas Emmi Suprihatin, S,Pd, Wakasek Kesiswaan Ma’rif, S.Pd.I.,MM. Wakasek Sarana dan Prasarana Drs. I Gede Arjana, Pembina Pramuka (Putra) Moch. Ridwan, S.Pd, Pembina Pramuka (Putri) Aminah, S.Pd serta bapak ibu guru.
Dalam sambutannya Emmi Suprihatin, S,Pd memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Gugus Depan 04.093 – 04.094 Pangkalan SMA Negeri 6 Mataram dapat melakukan pembinaan dengan baik seperti yang dilakukan sekarang ini.
“Kegiatan yang bersifat pembangunan karakter harus dikembangkan, pihak sekolah akan memotifasi peserta didik untuk terus mengembangkan diri dan karakternya dipramuka sehingga nantinya ilmu yang diperoleh di pramuka dapat bermanfaat bagi kehidupan mereka, bermanfaat bagi sekolah, masyarakat bangsa dan Negara” Terangnya.
Selepas upacara pembukaan para peserta perkemahan pelantikan bantara dan laksana berangkat menuju 2 lokasi yaitu Dusun Salut, Desa Selat dan Desa Nyur Lembang, Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat kemudian dilanjutkan menyusuri tandak jejak hingga menuju lokasi perkemahan di Taman Wisata Alam Suranadi.
Moch. Ridwan, S.Pd, Pembina Pramuka (Putra) Gugus Depan 04.093 – 04.094 Pangkalan SMA Negeri 6 Mataram saat diwawancarai dilokasi perkemahan menjelaskan kegiatan perkemahan pelantikan bantara dan laksana ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk syarat memperoleh kenaikan tingkat bantara dan laksana.
“Syarat untuk memperoleh kenaikan tingkat minimal mereka mengikuti kegiatan latihan rutin selama 6 bulan, mengisi buku Syarat Kecakapan Umum (SKU) dengan mengikuti test yang dilakukan oleh bapak ibu guru sesuai materi yang diujikan di SKU seperti tentang Pancasila/Bela negara ke guru PKn dll” Ujarnya.
Lebih lanjut Moch. Ridwan, S.Pd mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak sekolah atas dukungannya baik moril maupun materiil kepada ekstrakurikuler pramuka SMA Negeri 6 Mataram, hal ini terbukti telah diberikannya kesempatan kepada 9 orang guru untuk menempuh Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjut (KML). Ini adalah asset yang luar biasa bagi sekolah sehingga nantinya dapat meningkatkan kuantitas pramuka SMA Negeri 6 Mataram.
Diakhir kegiatan dilakukan prosesi pelantikan dan penyematan Tanda Kecakapan Umum (TKU) oleh pembina Pramuka (Putra) Moch. Ridwan, S.Pd, Pembina Pramuka (Putri) Aminah, S.Pd. (Yopi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *