Komunitas Pers ini Khawatir kebebasan Persnya Dilemahkan

MOJOKERTO – majalahglobal.com : Kritikan Pedas Prabowo Subianto terkait peliputan 212 tidak dijadikan headline serta tidak berani menyebutkan jumlah peserta reuni 212 berapa juta pada media-media kondang di Jakarta beberapa waktu lalu menuai protes dari wartawan. Mereka menilai pernyataan Capres nomor urut 2 itu telah merendahkan profesi wartawan. 
Aksi damai belasan wartawan yang tergabung dalam Komunitas Pers Mojokerto ini digelar di tugu UKS, Jalan Jayanegara, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto sekitar pukul 15.39 WIB, mereka mulai berorasi sembari membentangkan poster.
Poster-poster tersebut bertuliskan Jangan mengintimidasi profesi wartawan, Hargai profesi wartawan, Jangan mendiskreditkan profesi wartawan, Jangan Kriminalisasi wartawan, serta Masing-masing kita punya hak dan kewajiban saling lah menghormati.
Tak hanya berorasi menyampaikan aspirasi mereka, belasan insan pers ini juga menggelar tabur bunga terhadap kartu pers mereka masing-masing. Melalui tabur bunga, mereka ingin menunjukkan tengah terjadinya pembunuhan karakter terhadap profesi jurnalis.
“Ini bentuk keprihatinan kami. Bahwa jurnalis itu sebuah profesi. Kami jurnalis ini netral ya, jangan dikaitkan dengan politik. Ini juga pernyataan sikap kami terhadap pernyataan Pak Prabowo media tidak fair atas kejadian di Jakarta. Kami netral, kami jurnalis bekerja sesuai dengan undang-undang,” ujar Koordinator Aksi Roni Yunarto, Rabu (12/12/2018). 
Sementara itu, Salah Satu Anggota Komunitas Pers Mojokerto, Jayak Mardiansyah mengatakan jika Aksi turun ke jalan ini digelar lantaran adanya ketakutan kebebasan pers akan dilemahkan jika Prabowo terpilih pada Pilpres 2019.
“Kami berharap Bapak Prabowo segera minta maaf. Karena bukan kritikan pedas yang kami harapkan. Melainkan kebebasan pers, setiap orang punya kepentingan masing-masing dan sudah sewajarnya kita saling menghargai satu sama lain,” ujar Jayak Mardiansyah, Pemimpin Redaksi majalahglobal.com. (Achmad Mardianto)
Baca Juga :  Upacara Bendera, Danramil 0815/03 Berikan Motivasi Pelajar SMKN 1 Sooko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *