Pertumbuhan Usaha Mikro Mendapat Dorongan Dinkop dan UMKM

KOTA MALANG – majalahglobal.com : Berbagai upaya yang dilakukan agar gerak perekonomian melalui usaha mikro bisa mengalami kenaikan yang signifikan dan bermanfaat bagi masyarakat. Pemerintah mendorong pertumbuhan usaha mikro di Kota Malang untuk terus digenjot.

Upaya untuk mengerek pertumbuhan usaha kecil mikro salah satunya dengan cara melakukan pelatihan kepada para pelaku usaha yang bergerak di dalamnya. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) , Selasa (8/8/2017) menggelar kegiatan “Pembinaan Kemampuan dan Keterampilan Kerja bagi Usaha Mikro Masyarakat” di Hotel Sahid Montana Dua.

Pelatihan dilakukan selama tiga hari dari tanggal 8 Agustus sampai 10 Agustus. Dengan memfokuskan pada pelatihan bidang kain perca dan melukis kain.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Tri Widyani. Wanita yang akrab disapa Yani itu mengungkapkan kepada para peserta pelatihan bahwa potensi usaha mikro sangat besar, karena Malang saat ini sudah tenar sebagai kota wisata dan pendidikan.

Baca Juga :  Polres Malang Berhasil Amankan Dua Tersangka Spesialis Pembobol Sekolah saat Libur Lebaran

Apalagi, raihan Adipura Kencana tahun ini menunjukkan jika Kota Malang tak hanya indah, melainkan menjadi kota yang bersih dan sangat berpotensi dalam menggaet wisata dari dalam maupun luar negeri.

“Malang ini kota wisata dan banyak wisatawan yang kesini. Inilah peluang besar bagi para pelaku usaha kecil untuk mengembangkan bisnisnya,” kata Yani.

Pelatihan ini dilakukan dalam upaya untuk memberdayakan usaha mikro yang masih jauh dari harapan. Tujuannya, dengan cita Malang sebagai smart city dapat bersinergi dengan program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Pelatihan ini diselenggarakan tidak sekedar hanya melaksanakan pelatihan, lalu selesai. Namun harapannya ada inovasi dan kreatifitas yang lahir,” tukasnya.

Dinkop dan UMKM berharap dengan adanya pelatihan ini para pelaku usaha bisa menangkap peluang yang ada, sehingga pertumbuhan usaha kecil bisa membawa dampak yang positif bagi masyarakat. (Erik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *