HOME // Berita Banyuwangi // Uncategorized

Pengalaman Inilah Yang Membuat Bupati Merangin Berkunjung Ke Banyuwangi

   Pada: Juli 21, 2017
BANYUWANGI – majalahglobal.com : Bupati Merangin Dr. Al Haris membawa 450 orang jajarannya yang terdiri dari camat, kepala desa, dan Badan Permusyawaratan Desa se-Merangin datang ke Banyuwangi untuk menimba langsung pengalaman dari Banyuwangi, karena keberhasilan Banyuwangi dalam membangun derahnya beberapa tahun ini. Bupati Merangin mengatakan kedatangannya ke Banyuwangi ini untuk belajar banyak hal, mulai dari meningkatkan sektor pariwisata, desa, hingga pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (bumdes).
“Kami ingin belajar pengelolaan ekonomi desa di sini, terutama bumdes sebagai penggerak perekonomian desa. Di Merangin belum optimal, makanya kita ke sini karena butuh modal untuk bergerak, ya masukan dari Banyuwangi ini,” kata Bupati Merangin, Selasa (18/7).
Bupati Merangin menilai pemkab Banyuwangi telah berhasil memaksimalkan potensi desanya. Oleh karenanya, dia meminta kepada jajarannya segera meninjau desa-desa di Banyuwangi yang telah berhasil memanfaatkan potensinya.
“Ayo tiru bagaimana Banyuwangi bisa mengajak desanya berubah. Yang dipelajari jangan hanya bumdesnya saja, namun bagaimana desa-desa di sini bisa mengembangkan kreativitasnya dengan baik. Sperti Desa Tamansari,” kata Bupati Merangin. Desa Tamansari, kecamatan Licin Banyuwangi telah berhasil meraih “Desa Wisata Award” dari Kementrian Desa Tertinggal dan Transmigrasi.
Bupati Merangin menambahkan timnya akan belajar di Banyuwangi selama tiga hari. Bupati Merangin menyampaikan tidak hanya akan mengadopsi model penguatan ekonomi desa, namun juga tata kelola pemerintahan yang lain. Mulai dari pengembangan pariwisata, hingga belajar penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Karena menurut dia, Merangin secara geografis ada kesamaan dengan Banyuwangi, seperti pariwisatanya.
“Kami juga ingin bisa mengembangkan ekowisata seperti Banyuwangi. Kami ingin belajar bagaimana Banyuwangi bisa mengemas tempat-tempat wisatanya sehingga bisa dikenal luas. Semoga dengan belajar ke sini kinerja kecamatan dan desa berubah dan terus meningkat,” kata Bupati Merangin. (Andi)

,





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.