HOME // Berita Kediri // Uncategorized

WANITA WAJIB BACA: Tiba-Tiba Haid Pas Puasa ? Ini Jawabannya

   Pada: Juni 19, 2017
KEDIRI – majalahglobal.com : Berpuasa wajib hukumnya bagi umat muslim sedunia. Namun, bagaimana jadinya bagi muslim perempuan yang lagi menjalankan puasa tiba-tiba haid datang , Padahal waktu buka tinggal 5 menit lagi ?
Terkait dengan hal ini , KH Maman imanul haq, Ketua lembaga dakwah PBNU mengatakan haid memang salah satu alasan orang untuk tidak berpuasa. Oleh karena itu mereka wajib membatalkan puasanya meskipun waktu berbuka tinggal beberapa saat lagi.
“Seorang muslim yang mengeluarkan haid dia tidak boleh puasa, walaupun beberapa menit lagi atau dia sudah tanggung, dia wajib membatalkan puasanya,” kata dia.
Rosulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda : **Dari Abu Sa’id Al Khudriy Radhiyallahu Anhu , ” bahwasannya Rosullullah shallallahu alaihi wasalam bersabda : Bukankah wanita itu jika sedang haidh dia tidak shalat dan tidak shaum/puasa? Itulah kekurangan agamanya.” (HR.Bukhari). **
Maka dari itu ketika seorang muslim perempuan membatalkan puasanya maka kewajiban bagi mereka mengganti di hari-hari yang lain, setelah bulan ramadhan sesuai hari yang telah di tinggalkannya . Dan itu sudah jadi kemudahan dan ketentuan bagi umat muslim.
“Itulah kemudahan dan ketentuan yang diberikan oleh Islam, sehingga orang yang sedang haid tidak perlu berpuasa,” tutupnya. (Donan)

,





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.