Walikota Mojokerto: Pola Hidup Sehat Bikin Keluarga Sejahtera

MOJOKERTO – MG : Semakin lengkap saja pelayanan yang disediakan di Puskesmas Wates Kota Mojokerto. Puskesmas yang terletak di samping Gelora A Yani Kota Mojokerto ini sebelumnya mempunyai fasilitas unggulan yaitu tersedianya poli lansia, poli laktasi, poli sanitasi, poli indera hingga poli tumbuh kembang.
    
Rabu (2/11) Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus meninjau satu lagi fasilitas unggulan yang baru disediakan di salah satu puskesmas milik pemerintah Kota Mojokerto ini. Adalah fasilitas akupresure dan akupuntur Hatra kini terdapat di puskesmas yang berada di wilayah Kecamatan Magersari ini.
    
Dalam acara yang dikemas dengan Bazaar Hatra “Sugih Waras” ini, puluhan warga lansia yang berada di wilayah kelurahan Wates unjuk gigi menampilkan berbagai macam produk makanan dan minuman herbal, terapi pengobatan tradisional, tanaman obat herbal dan pelatihan pembuatan jamu tradisional. Berlangsung di halaman Puskesmas Wates di Jalan Raya Lawu, bazaar ini diadakan hingga Kamis (3/11).
    
Ch Indah Wahyu, Kepala Dinas Kesehatan dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya berharap kegiatan ini dapat menjadi ikon Kota Mojokerto yaitu makanan sehat yang berkhasiat. Hatra yang berarti penyehat tradisional ini menjadi salah satu program untuk pola hidup sehat karena makanannya sehat dengan gaya hidup sehat.
    
Kegiatan ini juga dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk menuju keluarga sehat dengan harapan pendapatan ekonominya juga meningkat dengan kewirausahaan. Disamping itu kaitannya dengan fasilitas akupresure Hatra yaitu pijat tradisional, Puskesmas Wates membuka fasilitas ini untuk pijat bayi hingga lansia.
    
“Pijat ini dipercaya secara turun temurun sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah bagi tubuh. Oleh sebab itu pembinaan oleh Dinas Kesehatan ini sangat penting untuk alternatif kesehatan warga Kota Mojokerto,” tutur Indah.
Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus dalam sambutannya menuturkan bahwa dalam upaya meningkatkan derajat hidup kesehatan warga Kota Mojokerto, pemerintah terus berupaya agar kehidupan warga kota ini bisa lebih meningkat kesejahteraannya. “Dalam meningkatkan derajat kesehatan, kita lebih meningkatkan upaya promotif dan preventif,” tuturnya.
    
Untuk hal ini, Wali Kota terus mendorong masyarakat Kota Mojokerto untuk memakan makanan yang sehat dan berkhasiat. “Karena itulah keberadaan dari Hatra ini sangat membantu sekali dalam rangka memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan berkhasiat,” urainya.
    
Usai sambutan, Wali Kota meninjau stan bazaar dengan didahului minum jamu bersama. Kemudian Wali Kota meninjau dan merasakan langsung pijat tradisional yang disediakan oleh Puskesmas Wates Kota Mojokerto. (Jay/Adv)
Baca Juga :  Kodim 0815/Mojokerto Gelar Apel Pengecekan Personel Paska Libur Lebaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *