KSM 2024: Mewujudkan Generasi Madrasah Berprestasi di Kabupaten Lumajang

KSM 2024: Mewujudkan Generasi Madrasah Berprestasi di Kabupaten Lumajang
KSM 2024: Mewujudkan Generasi Madrasah Berprestasi di Kabupaten Lumajang

Lumajang – Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) Kabupaten Lumajang dengan bangga menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat MA Tahun 2024. Kompetisi bergengsi ini bertujuan untuk memotivasi siswa madrasah agar terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama. Selain itu, KSM menjadi wadah penting dalam membangun semangat kompetisi sains di kalangan siswa madrasah.

 

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan inisiatif dari Kementerian Agama yang telah digelar sejak tahun 2012. Setiap tahunnya, KSM menjadi ajang positif untuk menumbuhkan budaya kompetisi yang sehat di kalangan siswa madrasah. Pada tahun 2018, KSM mengintegrasikan sains dengan nilai-nilai Islam, menciptakan kompetisi yang tidak hanya mengasah kecerdasan tetapi juga memperkuat karakter spiritual para peserta. Tahun 2024, KSM kembali dibuka untuk semua Satuan Pendidikan, baik dari Madrasah (MI, MTs, MA) maupun dari Sekolah (SD, SMP, SMA Sederajat).

 

KSM MA Tingkat Kabupaten tahun ini diselenggarakan di MAN Lumajang pada Hari Senin, 1 Juli 2024. Lomba dibagi menjadi tiga sesi utama:

– **Sesi 1:** Matematika dan Biologi Terintegrasi, pukul 07.30-09.30 WIB.

– **Sesi 2:** Fisika dan Kimia Terintegrasi, pukul 10.00-12.00 WIB.

Baca Juga :  Petugas Lapas Kotaagung Ikuti Bimtek Perawatan, Kesehatan, dan Rehabilitasi Tahun 2024

– **Sesi 3:** Geografi dan Ekonomi Terintegrasi, pukul 12.30-14.30 WIB.

 

Sekretaris Panitia Pelaksanaan KSM MA, Edy Hariyanto S.Pd, melaporkan bahwa tahun ini ada 324 peserta yang terdaftar dari 85 MA dan 2 SMA. Dari jumlah tersebut, 312 peserta berkompetisi secara individu, sementara 36 peserta lainnya berkompetisi secara beregu dari 11 Madrasah Aliyah dan 1 SMA.

 

“Semoga semua madrasah bisa mengikuti semua tahapan yang berkaitan dengan KSM mulai dari upload data, simulasi hingga pelaksanaan. Supaya tidak ada kendala dalam pelaksanaan karena sudah diantisipasi sebelum pelaksanaan,” ujar Edy. Dengan tingkat partisipasi mencapai 97 %, hanya 9 peserta yang tidak dapat hadir karena alasan kesehatan dan lainnya.

 

Pelaksanaan KSM tahun ini berjalan dengan baik dan lancar. Semua peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengerjakan soal, berupaya keras untuk mengharumkan nama lembaga mereka masing-masing.

 

Sementara itu Ketua KKM MA Lumajang, Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag., M.Pd., menegaskan bahwa pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten Lumajang tahun 2024 berlangsung sukses dengan partisipasi yang maksimal. “Kami siap mengantarkan siswa-siswi madrasah menuju KSM tingkat provinsi bahkan nasional. Semoga kegiatan KSM ini dapat semakin mengembangkan minat dan bakat siswa madrasah dalam bidang sains, sehingga mereka dapat berkreasi dan mencintai sains”, tambahnya.

Baca Juga :  Perpanjangan Masa Jabatan 2 Tahun, Kades Sugeng Komitmen Amanah Selesaikan Kekurangan

 

Pengumuman pemenang KSM Kabupaten/Kota akan dilakukan pada 5 Juli 2024 melalui portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan. Pelaksanaan KSM Provinsi dijadwalkan pada 5 – 6 Agustus 2024 di lokasi yang ditentukan oleh komite provinsi. Pengumuman pemenang KSM Provinsi akan dilakukan pada 9 Agustus 2024 melalui portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan. Final dan Grand Final KSM Nasional akan berlangsung pada 3 – 8 September 2024 di Kabupaten Maluku Utara, dengan informasi lebih lanjut tersedia di laman https://ksm.kemenag.go.id. (Atz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *