PKK DESA SAYOANG HADIRI LOMBA MASAK SERBA IKAN TUNA DALAM RANGKA MERAYAKAN FESTIVAL MARABOSSE KE-III TAHUN 2024

HALMAHERA SELATAN, MajalahGlobal.Com – Tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga ( TP – PKK ) desa Sayoang kecamatan bacan timur kabupaten halmahera selatan ( Halsel ) provinsi maluku utara ( Malut ) hadiri lomba masak serba ikan tuna dalam rangka merayakan hari ulang tahun festival marabosse yang ke tiga Selasa 25/6/2024.

 

 

Tempat pelaksanaan lomba serba ikan tuna di laksanakan di Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) desa tembal kecamatan bacan selatan, TP – PKK desa Sayoang di pimpin langsung oleh ibu kades Yunita Matoro.

 

TP – PKK desa Sayoang bergabung dengan sembilan TP – PKK desa Se – kecamatan bacan timur untuk turut berpartisipasi meramaikan festival marabosse ke – lll sekaligus mengikuti lomba masak ikan tuna.

 

Lomba serba ikan tuna yang di laksanakan Dinas kelautan dan perikanan ( DKP ) Kabupaten halmahera selatan bekerja sama dengan TP – PKK Kabupaten pada hari ulang tahun ke – lll festival marabosse.

 

Ketua TP – PKK kabupaten halmahera selatan Rifa’at Al-Saa’da sebagai tim penilai dalam lomba masak serba ikan tuna mengatakan. Lomba di gelar dalam rangka festival marabosse, yang semua menunya berasal dari bahan dasar ikan tuna ucap nya.

 

Istri orang nomor satu di halsel ini juga mengatakan bahwa, lomba ini setiap desa dalam satu kecamatan menyuguhkan lima menu ikan masakan sehingga jumlah menu yang tersedia pada lomba masak serba ikan tuna ini sebanyak 1.124 menu sebut ketua TP – PKK Kabupaten halmahera selatan.

 

” Untuk itu lomba masak dalam festival kali ini kita pilih ikan tuna karena hari ini bertepatan dengan pencenangan hari tuna Nasional Ucap Rifa’at Al – Saa’da.

 

Sementara Niar Narakati. SH, Camat Kecamatan bacan timur saat di Wawancar media ini mengatakan bahwa, kecamatan bacan timur masyarakat nya mayoritas suku Tobelo Galela jadi makanan hasnya adalah pisang dan kasbi dan yang lebih di kenal lagi ialah sagu ucap Niar Barakati camat bacan timur.

 

” Dia juga mengapresiasi kepala desa di sepuluh desa yang ada di kecamatan bacan timur yang begitu siap dengan mengikut sertakan tim penggerak PKK desa nya untuk mengikuti lomba masak serba ikan tuna dalam rangka merayakan festival marabosse yang di selenggarakan oleh Dina kelautan dan perikanan bekerjasama dengan TP – PKK Kabupaten ucap Niar.

 

Niar Barakati.SH, Camat bacan timur juga mengapresiasi tim penggerak PKK desa wayamiga yang menyajikan minuman tradisional yang di buat dari buah pala, mudah” an minuman buah pala yang proses pembuatan nya secara tradisional ini kedepan bisa di kembangkan tutup nya. (Latif/Red)

Exit mobile version