Breaking News
Hj. Eva Dwiana Pimpin pelepasan Jalan Sehat, Dalam Rangka HUT Ke 342 Kota Bandar Lampung Euforia Pesta Rakyat Hari Jadi ke-106 Kota Mojokerto Dinikmati Banyak Masyarakat Rutan Kelas IIB KotaAgung Menuju Bersinar, Razia Kamar Hunian dan Tes Urine Pegawai Beserta WBP Rutan Kelas IIB KotaAgung Menuju Bersinar, Razia Kamar Hunian dan Tes Urine Pegawai Beserta WBP KOTAAGUNG, majalahglobal.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kota Agung Melaksanakan Kegiatan Razia kamar hunian Dan Test Urine bagi Petugas serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kegiatan ini berlangsung Sabtu (22/06/2024) berhasil menemukan sejumlah barang terlarang. Kepala Rutan Kelas IIB Kotaagung Benny Muhammad Saefulloh yang di dampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Habibie Agusman mengatakan, Dalam razia tersebut ditemukan beberapa barang yang dilarang. Mulai dari sendok, botol kaca, alat cukur kumis, korek gas, dan Hanger Kawat. “Ada berbagai barang yang sebenarnya terlarang, ditemukan petugas dalam razia ini. Namun kami tidak menemukan benda-benda seperti narkoba dan Handphone”. Terangnya Lebih lanjut Benny mengatakan, razia dan Test urine mendadak ini dilaksanakan tepat setelah mengikuti Deklarasi BERSINAR ( BERSIH DARI NARKOBA ) yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Agung. Kegiatan ini juga di maksudkan untuk mencegah masuknya benda-benda terlarang seperti narkoba.” Karena selain dalam rangka mencegah kemungkinan masuknya narkoba di dalam lingkungan rutan, kita juga meminimalisir penggunaan handphone dan senjata tajam pada narapidana dan tahanan,” tegasnya. Selain melaksanakan Razia, Rutan kota agung Juga melaksanakan Test urine kepada seluruh Petugas Rutan Kota Agung dan 16 orang WBP. “Selain melaksanakan Razia kita juga melakukan tes urine bagi WBP dan Petugas Rutan Kota Agung yang pimpin langsung oleh pihak BNNK Tanggamus, alhamdulillah hasilnya negatif Narkoba. Saya berharap para petugas terus dapat memberikan yang terbaik untuk warga binaan didalam Rutan Kotaagung dan saya siap mendukung semua program pemerintah terhadap pemberantasan narkoba mau itu diluar atau didalam Rutan.” Tutup benny. Oleh: Andi JR Kaperwil MG Deklarasi Dalam Rangka Mewujudkan UPT Pemasyarakatan Wilayah Lampung Bersih Dari Narkoba

Ngopi Bareng Bupati Mojokerto di Dawarblandong, Sarana Serap Aspirasi Karang Taruna

Kabupaten Mojokerto, majalahglobal.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati serap aspirasi karang taruna Karang Taruna Kecamatan Dawarblandong dalam acara Ngobrol Pemuda Inovatif (Ngopi) Bareng Bupati Mojokerto, Jumat (31/5) malam, di Pendapa Kecamatan Dawarblandong. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ikfina yang juga merupakan Pembina Karang Taruna Kabupaten ‘Surya Majapahit’, mengaku bahwa program serap aspirasi karang taruna ini sebelumnya terhalang oleh pembatasan pandemi yang akhirnya mempengaruhi proses bertumbuhnya karang taruna. Namun Ikfina berjanji, akan berkeliling ke 18 kecamatan se-Kabupaten Mojokerto untuk menampung langsung aspirasi karang taruna. Proses ini adalah untuk memetakan dan menyusun tindak lanjutnya.

Ngopi Bareng Bupati Mojokerto di Dawarblandong, Sarana Serap Aspirasi Karang Taruna
Ngopi Bareng Bupati Mojokerto di Dawarblandong, Sarana Serap Aspirasi Karang Taruna

“Tahun 2021 kita menghadapi gelombang kedua covid-19. Tapi tidak apa-apa, karena bagaimanapun karang taruna ini adalah wadah para pemuda ini yang sengaja disediakan negara untuk mewadahi seluruh pemuda dengan berbagai macam background, maupun interest yang berbeda. Saya harap tidak ada kata terlambat, karena saya akan keliling di 18 kecamatan. Saya ingin mendengar langsung semua aspirasi-aspirasi karang taruna di Kabupaten Mojokerto,” janji bupati.

Baca Juga :  Berikan Akomodasi Siswa Inklusi, Wali Murid Terharu Saat Pisah Kenang & Gelar Seni TK Kartika Jajaran Kodim 0815/Mojokerto
Ngopi Bareng Bupati Mojokerto di Dawarblandong, Sarana Serap Aspirasi Karang Taruna
Ngopi Bareng Bupati Mojokerto di Dawarblandong, Sarana Serap Aspirasi Karang Taruna

Beberapa aspirasi yang diutarakan anggota karang taruna Kecamatan Dawarblandong di antaranya adalah, bagaimana cara memaksimalkan potensi kelembagaan karang taruna. Hal ini juga merujuk pada ketersediaan anggaran yang harus sudah direncanakan untuk dimaksimalkan pada lembaga ini.

“Kita punya agenda program di Disperka yaitu Pustaka Asik. Disitu ada pelatihan bikin kue, minuman boba, jamu, dan lain-lain. Kenapa ini diumumkan? Supaya kita bisa milih. Di Disnaker juga ada pelatihan yang bisa terbit sertifikatnya. Ini contoh hal-hal yang bisa kita maksimalkan. Nanti kita akan coba me-link-an anggaran pemberdayaan dan bantuan produktivitas kelompok-kelompok dengan desa. Kita cermati di perencanaannya juga,” tambah bupati.

Selain itu pada penghujung acara Ngopi bersama bupati tersebut, Try Raharjo Murdianto Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto menyampaikan beberapa arahan inti Bupati. Try Raharjo merangkum bahwa esensi program kegiatan ini adalah, menyamakan cara berpikir bahwa karang taruna harus inovatif. Bukan sebagai individu, melainkan sebagai sebuah kelembagaan. Dua tugas umum karang taruna yang mesti dipedomani adalah bagaimana mengembangkan potensi karang taruna itu sendiri, serta cara mengatasi permasalah-permasalahan di desa.

Baca Juga :  Pemdes Kedunglengkong Diduga Palsukan Tanda Tangan LPJ Dana Desa 2022

“Kegiatan ini akan berlanjut. Bupati fokus pada usaha pengembangan ekonomi produktif untuk turunkan angka kemisikinan. Contohnya kalau di dinsos itu adalah program bansos. Nah, kalau di karang taruna itu programnya seperti tahun 2023 lalu diberi bantuan. Di APBD kabupaten, OPD terkait bisa intervensi kegiatan karang taruna. Kalau di dinsos juga bisa mengeksekusi dengan dua model, yakni pemkab maupun pemdes melalui APBDes,” rinci Try Raharjo. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *