Kenakan Pakaian Adat Berbagai Suku, Lapas Kotaagung Gelar Upacara Bendera Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2024

KOTAAGUNG, majalahglobal.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung turut peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan menggelar upacara pengibaran bendera dalam suasana penuh khidmat dan nuansa kebhinekaan. Kepala Lapas Kotaagung Andi Gunawan beserta jajaran pejabat struktural, staf, dan pengamanan tampil dengan menonjolkan budaya Indonesia melalui pakaian adat yang dikenakan dari berbagai daerah di Indonesia.

Penyelenggaraan upacara yang dilangsungkan di Lapangan Upacara Lapas Kotaagung ini dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kotaagung bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam pidatonya bacakan amanat Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Andi Gunawan tegaskan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan pemersatu bangsa, terutama dalam menyongsong visi Indonesia Emas 2045.

“Dengan tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’, kita diingatkan kembali akan peran sentral Pancasila dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Mari kita jadikan momentum ini untuk memperkuat komitmen kita dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari”, ajaknya dalam balutan pakaian adat Lampung Pepadun serba putih.

Baca Juga :  Kapolda Pimpin Upacara Hari Bhayangkara Ke-78 Di Mapolda Lampung

Inspektur upacara juga menyampaikan pesan Kadivpas Lampung Kusnali untuk terus beri kontribusi positif demi kemajuan dengan melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan secara jujur serta penuh ketulusan dan ikhlas. Andi menegaskan kepada jajaran untuk saling mengingatkan kebaikan sebagai bentuk gotong royong untuk memperkuat integritas diri masing-masing dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi sesuai tata nilai PASTI dan BerAKHLAK.

Pelaksanaan upacara di Lapas Kotaagung berlangsung dengan tertib dan penuh semangat. Dengan pakaian adat yang dikenakan, upacara ini bukan hanya menjadi bentuk penghormatan terhadap lahirnya Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa, melainkan juga sebagai simbol kebhinekaan yang hidup harmonis di Indonesia.

Oleh: Andi J R Kaperwil MG 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *