Dukung Percepat Layanan Integrasi WBP, Lapas Kotaagung Ikuti Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan Tahun 2024

KOTAAGUNG, majalahglobal.com –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung ikut dalam kegiatan Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan Tahun 2024 dalam rangka percepatan layanan integrasi berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.Jum’at (31/05/2024)

Hadir Kepala Divisi Pemasyarakatan Kusnali, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Agvirta Armilia Sativa, para narasumber, jajaran Kepala UPT dan seluruh peserta perwakilan dari UPT Pemasyarakatan se-Lampung di Ballroom Hotel Emersia, Bandar Lampung.

Acara Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan ini diharapkan dapat mempercepat proses integrasi WBP sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2022, sehingga kualitas layanan pemasyarakatan di wilayah Lampung dapat meningkat. Kegiatan ini diharapkan tak hanya meningkatkan kapasitas petugas tetapi juga memberikan solusi konkret dalam menghadapi tantangan pemasyarakatan agar hak-hak warga binaan terpenuhi dengan baik.

Baca Juga :  Sambut Hari Bhayangkara Ke - 78 Polda Lampung Tabur Bunga Di Laut Lampung, majalahglobal.com - Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, Kepolisian Daerah Lampung menggelar upacara tabur bunga di laut, bertempat di pelabuhan panjang Bandar Lampung, Senin (24/6/2024). Irwasda Polda Lampung Kombes pol Yudi Hermawan beserta para PJU mengikuti acara tabur bunga di laut dengan tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”. Sebelum melaksanakan kegiatan tabur bunga Polda Lampung menggelar upacara di atas kapal, dimana selanjutnya melakukan tabur bunga di sekitar dermaga. Tak sampai di situ, rombongan kemudian melanjutkan tabur bunga di laut dengan menaiki kapal patroli milik Polairud Polda Lampung. Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi menjelaskan, upacara tabur bunga di laut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati hari lahir Bhayangkara tahun 2024. Selain itu, pihaknya juga disebut melakukan ziarah ke Makam Taman Makam Pahlawan (TMP) Bandar Lampung. "Kegiatan ini masih dalam rangkaian menyambut HUT Bhayangkara yang ke-78, kita baru saja melaksanakan ziarah dan tabur bunga. Kita ziarah di TMP dan tabur bunganya di kawasan perairan Panjang Bandar Lampung," ujar Umi kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh: Andi JR Kaperwil MG /rls

“Kami harap seluruh UPT Pemasyarakatan dapat memberikan layanan terbaik dalam pemenuhan hak-hak WBP khususnya dalam pemberian remisi dan integrasi. Ketepatan waktu dalam pengusulan integrasi sangat penting untuk mengurangi angka over kapasitas.”, harap Kadivpas dalam sambutannya mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung membuka kegiatan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi I, yakni Ninik Rahayu selaku ketua Dewan Pers Nasional, Pokja Integrasi Narapidana dan Anak Binaan Cipto Edy, Pj. Asimilasi dan Narapidana Wilayah III Ahmad Rivangi. Kemudian pemateri sesi II, yakni Analis Kebijakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Rita Linda, dan Plh. Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Yanti Yunidarti.

Baca Juga :  Petugas Lapas Kotaagung Ikuti Bimtek Perawatan, Kesehatan, dan Rehabilitasi Tahun 2024

Sesi diskusi interaktif juga dibuka oleh moderator Ngadino berjalan lancar. Para peserta aktif berpartisipasi dalam tanya jawab, menggali lebih dalam berbagai aspek terkait percepatan layanan integrasi bagi WBP.

Oleh: Andi J R Kaperwil MG 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *