Silaq Pade Bebace Gratis, Cara TBM Literasi Anak Kampung Tumbuhkan Minat Baca

LOMBOK TENGAH – majalahglobal.com : Setiap hari Minggu sore puluhan jenis buku bacaan tertata rapi dengan sebuah tikar di area Taman Tastura Muhajirin Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (06/01/2019).
Meski, berada di lapangan terbuka nyatanya Silaq Pade Bebace Gratis (Silahkan Pada Membaca Gratis) yang digagas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Literasi Anak Kampung Dusun Adong, Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah memikat perhatian masyarakat, terutama anak-anak yang sedang berolahraga dan liburan di sekitar Taman Tastura Muhajirin Praya.
Ahmad Mujitahid, SH Koordinator Literasi Anak Kampung menjelaskan meski kami hanya menggunakan alas seadanya antusias masyarakat sangat luar biasa, banyak berbagai jenis buku bacaan yang kami sediakan disana sehingga mereka bisa memilih judul buku sesuai keinginannya. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk membangkitkan minat baca masyarakat Lombok Tengah dan menyebarkan budaya literasi.
“Silaq Pade Bebace Gratis ini kami gelar untuk menumbuhkan minat baca, terutama bagi anak-anak dan para pelajar  di Kabupaten Lombok Tengah khususnya di desa Penujak dan Praya,” Terang Muji.
Lebih lanjut alumnus Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram tersebut menjelaskan awal ide pendirian TBM Literasi Anak Kampung berawal dari keprihatinan beberapa pemuda Dusun Adong, Desa Penujak melihat kondisi anak-anak di kampung kami yang jarang membaca dan lebih suka bermain HP sehingga jarang bersosialisasi dengan teman sebayanya. Setelah kami mengedukasi anak-anak di kampung kemudian kami menyusun program untuk memperluas budaya literasi ke daerah lain maka munculah program Silaq Pade Bebace Gratis yang rutin keliling dan buka lapak buku di lokasi pusat keramaian pada hari Minggu, seperti di Taman Tastura Muhajirin Praya ini.
 “Silaq Pade Bebace Gratis selalu hadir di Taman Tastura Muhajirin Praya setiap hari Minggu sore mulai pukul 16.00 s/d 18.00 WITA. jadi untuk masyarakat yang ingin membaca bisa datang langsung ke Taman Tastura Muhajirin Praya atau untuk masyarakat yang berada di Kecamatan Praya Barat bisa langsung datang ke Sekretariat TBM Literasi Anak Kampung Dusun Adong, Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah” Terangnya.
Beberapa kegiatan yang dilaksanakan di TBM Literasi Anak Kampung diantaranya merangkum buku/resensi buku, menulis surat, belajar mengaji, kunjungan museum, mengolah barang bekas, mendongeng, menonton film edukasi, bedah buku, ngobrol pintar (ngopi), festival permainan tradisional anak dll. TBM Litanasi Anak Kampung juga membuka bagi masyarakat, mahasiswa, pelajar, BEM, OSIS dan Ekskul yang ingin menjadi relawan pengajar untuk berbagi ilmu dengan adik-adik TBM Literasi Anak Kampung bisa datang langsung ke sekretariat. Semoga dengan hadirnya TBM Literasi Anak Kampung kita semua dapat mengedukasi anak-anak dan berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Lombok Tengah di bidang Literasi. (Yopi Aris Widiyanto)
Exit mobile version