Kota Malang Berhasil Raih Adipura Kencana Tahun 2017

KOTA MALANG – majalahglobal.com : Kota Malang kembali lagi mendapatkan prestasi penghargaan dalam bidang lingkungan hidup yakni Adipura Kencana yang kembali diraih oleh kota pendidikan dan pariwisata ini.
Terkait kepastian dari penghargaan Adipura Kencana yang diraih ini datang langsung dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, melalui surat undangan kepada Wali Kota Malang, H. Moch Anton untuk hadir dalam penyerahan penghargaan yang rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (2/8/2017) di Plaza Ir. Soedjono Manggala Wanabakti, Jakarta.
Anugerah penghargaan Adipura Kencana yang diraih Kota Malang tersebut untuk kategori kota besar di Indonesia. Bersama Kota Malang daerah lain di kawasan pulau Jawa yang mendapat piala yang sama yakni Surabaya, Tangerang, Kudus dan Jombang.
Selain Adipura Kencana, Kota Malang juga kembali meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri yang diperoleh SMP Negeri 15, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 7.
Wali Kota Malang, H. Moch Anton, mengaku sangat bangga dengan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan ini. Menurut Abah Anton, prestasi Adipura Kencana dapat diraih karena kerjasama dan kebersamaan semua komponen dan elemen masyarakat.
“Tentunya Piala Adipura Kencana ini adalah prestasi membanggakan yang harus kita pertahankan,” kata Abah Anton.
Berbagai inovasi di bidang lingkngan hidup terus didorong oleh pemerintah seperti Bank Sampah Malang (BSM), road Sweeper, Tong Sampah Tematik, Kader 3R, pembangunan pengolahan sampah terpadu, gerakan menabung air hingga revitalisasi taman dan hutan kota.
Abah Anton menjelaskan jika berbagai program sangat efektif dalam pengurangan jumlah sampah. Tercatat, presentase peningkatan reduksi sampah dari tahun ke tahun menunjukan grafik yang positif, yakni 26 persen di tahun 2014 lalu meningkat 26,5 persen pada 2015 dan pada tahun 2017 sudah meningkat menjadi 27,5 persen. Ditargetkan pada tahun mendatang reduksi sampah meningkat menjadi 28 persen.
Program reduksi sampah melalui Bank Sampah Malang (BSM) selain itu juga sangat efektif, selain bisa mengurangi sampah juga mendapatkan keuntungan financial bagi masyarakat.
“Kami harap dengan berbagai inovasi tersebut dapat mengurangi prosentase sampah yang ada di Kota Malang,” tukasnya. (Erik)
Exit mobile version