Mabes Polri Pantau Kesiapan Pelabuhan Ketapang Hadapi Arus Mudik Lebaran

BANYUWANGI – majalahglobal.com : Asisten Operasi Kapolri, Irjen Unggung Cahyono, memantau jalur penyeberangan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk menjelang arus mudik Lebaran 2017.

“Inspeksi ini digelar karena arus lalu lintas penyeberangan di Pelabuhan Ketapang terintegrasi dengan Mabes Polri,” kata Irjen Unggung Cahyono di sela-sela pemantauannya di Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (6/6).

Kawasan perairan di Selat Bali tersebut menjadi prioritas unsur kepolisian dalam arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah karena termasuk pelabuhan penyeberangan tersibuk kedua di Indonesia. “Apabila terjadi kemacetan sampai kecelakaan laut di Selat Bali tersebut, maka akan terpantau langsung di Jakarta,” tuturnya.

Sarana untuk memantau arus lalu lintas jalur penyeberangan tersebut terpasang di Pos Pengamanan Ramadaniya di sisi utara Pelabuhan Ketapang, tepatnya di atas bangunan Bank Negara Indonesia (BNI).

“Hasil pantauan, sejumlah sarana pendukung sudah siap dan PT ASDP selaku operator pelabuhan telah mengatur seluruh jadwal keberangkatan kapal dengan baik. Bahkan, antisipasi jika terjadi penumpukan penumpang dan kendaraan telah dipersiapkan,” katanya.

Kedatangan Irjen Unggung Cahyono untuk memastikan bahwa seluruh pemangku kebijakan di Pelabuhan Ketapang seperti PT ASDP, KUPP, OPP dan unsur kepolisian telah siap melayani masyakarat yang hendak merayakan Lebaran dan unsur keselamatan harus diutamakan agar perjalanan mudik Idul Fitri bisa berjalan lancar.

Dalam pemantauan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Jenderal Unggung yang datang didampingi Kabag Binops Sops Brigjen Imam Sugianto, Kakorp Sabhara Baharkam Polri Irjen Umar Saptono, Karoops Polda Jatim Kombes Hery Sitompul, Dirlantas Polda Bali Kombes Agung Made Sedana, Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto dan Kapolres Jembrana AKBP Priyanto Priyo Utomo langsung menuju Kantor PT ASDP Ketapang.

Para perwira tinggi dan pamen Polri tersebut melakukan rapat koordinasi dengan PT ASDP, KOPP, KUPP, KSOP Tanjungwangi serta PT Pelindo III Banyuwangi terkait kesiapan masa angkutan Lebaran 2017.

Sebelum rapat koordinasi, Irjen Unggung Cahyono didampingi Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto bertemu dengan GM PT ASDP Elfiyosa dan saat itu AKBP Agus Yulianto banyak memberi informasi kepada Assop Kapolri tentang situasi terkini Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

“Jauh sebelum puasa Ramadhan berjalan, para pemangku kebijakan di Pelabuhan Ketapang sudah menggelar rapat koordinasi terkait kesiapan arus mudik dan balik Lebaran,” kata Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto.

Usai rapat koordinasi di Pelabuhan ASDP, rombongan Irjen Unggung bergerak menuju PT Pelindo III Banyuwangi di area Pelabuhan Tanjungwangi yang berjarak kurang lebih satu kilometer dari Pelabuhan ASDP Ketapang.

Rombongan Asisten Operasi Kapolri juga melakukan pengecekan area kantong parkir yang dipersiapkan, apabila saat arus balik Lebaran terjadi penumpukan kendaraan. (Bowo/Adv)

Exit mobile version