PT KAI Daop 8 Waspadai Luberan Lumpur Lapindo

SIDOARJO – MG : Mengantisipasi terjadinya kendala pada perjalanan kereta api dan perlintasan rel kereta api di kawasan rawan bencana akibat cuaca buruk belakangan ini, PT KAI Daop 8 Surabaya menyiapkan petugas pemantau.
    
“Kalau terjadi kendala, longsor, banjir atau kendala lainnya, para petugas akan segera melaporkan ke pusat untuk kemudian diambil tindakan sesegera mungkin. Agar perjalanan kereta api tidak terkendala. Demikian juga dengan perlintasan kereta api agar aman,” kata Gatot Sutiyatmoko Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Rabu (7/12).
    
Beberapa kawasan yang sudah dipetakan karena kerap mengalami kendala saat terjadinya hujan deras dan terus menerus di antaranya perlintasan kereta api di kawasan dekat luberan lumpur Lapindo, Porong Sidoarjo. Di kawasan ini, secara khusus dilakukan pemantauan karena kerap banjir dan air banjir menutupi rel kereta api, sehingga menjadi kendala perjalanan kereta api.
    
Lokasi lain yang juga diwaspadai dan berada dalam pemantauan adalah kawasan Kandangan, Tandes. Di kawasan itu kerap terjadi banjir saat hujan deras terjadi.
    
“Kawasan Kandangan memang sering banjir kalau hujan deras. Ini juga disiagakan dengan menempatkan alat material untuk siaga (amus). Perlintasan dekat Lapindo, Porong juga kami pantau. Kawasan itu sering banjir dan menutup perlintasan rel kereta api, ini juga kami pantau,” kata Gatut.
    
Jelang libur Natal dan Tahun Baru mendatang, kata Gatut, pihaknya juga telah melakukan persiapan-persiapan. Mulai dari pemberian harga khusus atau diskon untuk tiket sampai dengan kereta tambahan sudah dipersiapkan.
    
Exit mobile version